Pan's Labyrinth

Pan's Labyrinth

El laberinto del fauno (original title)
(2006)
http://www.imdb.com/title/tt0457430/

Genre: Drama | Fantasy | War
Director: Guillermo del Toro
Stars: Ivana Baquero, Ariadna Gil and Sergi López

Size: 749 MB
Q: 720p

Sinopsis


Film yang boleh saya bilang luar biasa dan plot ceritanya lain dari yang lain karena menggabungkan 2 alur peristiwa yang sama sekali berbeda.

Satu alur adalah tentang sepak terjang seorang kapten angkatan bersenjata Spanyol jaman pemerintahan Jenderal Franco bernama Vidal yang sangat kejam dalam menghadapi pemberontan gerilyawan yang ingin menumbangkan rejim fasis tersebut. Sedangkan alur yang lain adalah tentang seorang anak perempuan bernama Ofelia, yang karena kegemarannya membaca buku, membawanya ke alam khayal dunia bawah tanah dengan aneka rupa makhluk aneh mulai dari peri, dewa bumi dan monster menyeramkan.


Kedua alur ditautkan pada awal film, dimana ibu kandung Ofelia, Carmen adalah seorang janda yang kemudian menikah dengan Vidal dan sedang hamil tua. Vidal ingin agar Carmen melahirkan ditempatnya bertugas, sebuah pos militer di tengah hutan belantara.

Di dekat pos militer ini terdapat hutan tempat persembunyian para gerilyawan pemberontak dan labirin yang ternyata merupakan jalan masuk ke dunia bawah tanah. Di sekitar pos militer inilah cerita ini diplotkan. Agak sulit untuk menentukan masuk kategori genre apa film ini harus digolongkan karena rasanya semua plot ada di sini, mulai dari thriller, war action, fiksi dan drama digabung jadi satu. Asyiknya, penggabungan ini dilakukan dengan sangat baik dan halus sehingga tidak heran kalau film ini memperoleh Oscar untuk kategori Best Cinematography, Best Art Direction dan Best Make-up.

Penghargaan tersebut semakin terasa kuat nilainya karena film ini bukan bikinan Hollywood, tapi asli buatan Spanyol dengan aktor, aktris, sutradara hingga produser semuanya orang Spanyol (eh kecuali yang memerankan si dewa kambing/Faun yang asli Amerika, Doug Jones. Si Jones ini adalah yang memerankan Abe Sapiens dalam film Hellboy. Jadi dia emang spesialisasinya tokoh2 monster sampai2 diimport oleh orang Spanyol ).

Vidal, yang sangat kejam baik terhadap pemberontak maupun kepada Ofelia karena dia tidak menyukai anak perempuan, diperankan dengan sangat baik oleh Sergi Lopez. Sedangkan peran Ofelia, dibawakan oleh aktris cilik cantik berdarah Catalan, Ivana Baquero yang meskipun baru berusia 12 tahun telah menguasai 3 bahasa (Spanyol, Catalan dan Inggris) dan telah berperan di 4 film. Karena kecantikan alaminya, meskipun masih kecil, si Ivana ini sudah masuk daftar 50 most beautiful versi majalah "People en Español".

Trailer


0 comments:

Blogger Template by Clairvo