District 9

District 9

(2009)
http://www.imdb.com/title/tt1136608/

Genre: Action | Sci-Fi | Thriller
Director: Neill Blomkamp
Stars: Sharlto Copley, David James and Jason Cope

Size: 699 MB
Q: 720p

Sinopsis


Penduduk bumi selalu yakin bahwa suatu saat nanti bumi pasti akan didatangi makhluk dari planet lain. Sebagian mengira bahwa pendatang ini akan berusaha menguasai bumi sementara tak sedikit juga yang beranggapan bahwa pendatang ini nantinya akan membawa teknologi baru untuk kemajuan penghuni bumi. Ternyata, saat para aliens ini datang, mereka justru adalah sekelompok pengungsi yang ingin mencari tempat berlindung.


Karena tak tahu harus berbuat apa, pemerintah terpaksa memberikan tempat berlindung di sebuah tempat di Afrika Selatan yang bernama District 9. Selama dua puluh delapan tahun para 'pendatang' ini dibiarkan tinggal di sana namun tak diijinkan membaur dengan manusia. Multi-National United (MNU) yang menangani masalah aliens ini berharap dapat mengeruk keuntungan besar dari persenjataan yang dibawa para aliens ini meski selama 28 tahun usaha itu sepertinya sia-sia.

Suatu ketika salah seorang petugas MNU yang bernama Wikus van der Merwe (Sharlto Copley) secara tak sengaja terkontaminasi virus dari salah satu senjata aliens ini dan secara perlahan struktur DNA-nya mulai berubah. Dalam waktu singkat Wikus menjadi orang yang paling dicari di muka bumi. MNU menganggap Wikus adalah kunci untuk membuka teknologi aliens ini dan tak ada lagi tempat buat Wikus untuk bersembunyi, kecuali di District 9.

Belakangan banyak film yang berkisah tentang masa lalu, terutama tentang Nazi. Mulai dari VALKYRIE, THE READER sampai DEFIANCE semuanya mencoba mengupas cerita gelap itu dari berbagai sisi. Kesamaan topik ini jadi terlihat jelas lantaran tak ada usaha untuk menyamarkan ide pokok ini. Para sutradara yang menggarap film-film itu hanya membuat visualisasi dari apa yang selama ini kita ketahui dari buku. Beda dengan film yang satu ini.

Bila diperhatikan dengan baik, sebenarnya DISTRICT 9 ini sama sekali bukan film yang berkisah tentang alien atau pendatang dari planet lain. Kisah itu hanyalah kamuflase dari ide dasar yang mungkin sama sekali tak terlihat. Kesan yang tertangkap pertama kali adalah apartheid dan itu dikuatkan oleh latar belakang sang sutradara yang asal Afrika Selatan. Neill Blomkamp, sang sutradara, sepertinya ingin menguak kisah kelam di masa lalu itu dengan kemasan yang lebih fresh.

Mulai dari situasi masyarakat, idealisme yang ada hingga perlakuan para petinggi negara dan pelaku bisnis mencerminkan situasi saat rezim apartheid berkuasa di benua hitam ini. Di sisi lain, Neill juga mencoba menawarkan konsep penuangan yang tak terlalu 'vulgar' sehingga pesan moral yang dibawa film ini bisa lebih relevan dengan generasi saat ini yang tak mengalami masa-masa itu.

Dituturkan dengan alur yang cukup sederhana dengan menggunakan berbagai trik termasuk footage dokumenter dan kamera surveillance tanpa harus menjadi terlalu kompleks, film ini masih tetap bisa menghibur meski sebenarnya membawa pesan yang sangat berat. Penggunaan visual effect dan akting para pemainnya pun cukup bagus dalam artian tidak terlalu 'wah' tapi tetap efektif. Hasilnya, sebuah film yang bisa jadi hiburan sekaligus cermin buat para penonton.

Trailer


0 comments:

Blogger Template by Clairvo